5 Cara mengatasi hidung mampet dengan mudah

Hidung yang mampet atau tersumbat memang sangat menggangu sekali, apalagi jika mengalami hidung tersumbat saat tidur, pasti akan sulit sekali untuk bernafas. Hidung mampet juga bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, dari usia muda sampai tua, bahkan hidung tersumbat pada bayi juga sering sekali terjadi.

Cara mengatasi hidung mampet
Penyebab hidung mampet atau tersumbat bisa disebabkan berbagai macam faktor seperti alergi, iritasi hidung, flu, dan masih banyak lagi. Walaupun hidung mampet termasuk golongan penyakit ringan yang mudah untuk disembuhkan, tapi adakalanya penyakit ini bisa hinggap ditubuh kita sampai berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu disebabkan kita terlalu mengganggap remeh dan tidak cepat mengobatinya.

Untuk itu agar tidak berlarut-larut, sebaiknya harus cepat dalam mengobatinya karena saat beraktifitas pun akan terganggu jika hidung kita bermasalah. Dan pada artikel kali ini, cofoqo akan mengulas berbagai macam cara mengatasi hidung mampet agar cepet hilang.

1. Mandi dengan air hangat atau menghirup uap panas
Cara tradisional ini memang sangat ampuh dalam melegakan hidung yang mampet. Hanya dengan mandi dengan menggunakan air hangat maka uap panas yang terkandung akan terhirup dan bisa melegakan hidung, selain itu menghirup uap panas juga mampu untuk meringankan peradangan pada hidung. Mandi dengan air hangat juga mampu untuk membuang semua racun dan lender dari tubuh.

2. Konsumsi makanan pedas
Cara terbaik jika ingus susah sekali untuk dikeluarkan yakni dengan konsumsi makanan dengan rasa pedas, hal ini disebabkan karena rasa pedas pada makanan dapat merangsang perlendiran sehingga akan membuat ingus mudah untuk dikeluarkan, dan pastinya hidung menjadi lebih lega.

3. Minum air hangat
Dengan banyak meminum air hangat maka bisa menjaga agar tubuh terhidrasi. Dan secara tidak langsung dapat meringankan iritasi yang terjadi pada hidung sekaligus mencegah terjadinya penyumbatan sinus.

4. Menghirup balsam dan inhaler
Agaknya sudah tidak diragukan lagi jika menghirup inhaler atau balsam dapat membantu melegakan nafas hidung yang mampet dikarenakan keduanya memiliki kandungan menthol yang salah satu manfaatnya memang untuk melegakan hidung mampet.

5. Meninggikan posisi kepala saat tidur
Biasanya pada saat ingin tidur atau berbaring, menjadi masalah terbesar ketika hidung mampet karena akan sulit sekali untuk bernafas. Untuk mengatasinya bisa dengan meninggikan posisi kepala saat tidur, itu bertujuan agar lendir atau ingus dalam hidung bisa lebih mudah untuk dikeluarkan.

Nah itu tadi 5 cara mengatasi hidung mampet. akan tetapi adakalanya bayi juga sering mengalami masalah yang terjadi seperti diatas. Untuk itu dibawah ini kami terangkan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

1. Menghangatkan tubuh bayi
Jika masalah hidung tersumbat terjadi, hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menghangatkan tubuh bayi. Caranya dengan memandikan bayi dengan air hangat atau ketika pagi menjemurnya dibawah sinar matahari, itu adalah salah satu cara ampuh yang bisa membantu untuk melegakan pernafasan si bayi.

2. Dengan menghirup uap panas
Uap panas juga berguna bagi bayi agar bisa menghilangkan hidung yang mampet. Sediakan ember yang sudah berisi air hangat, kemudian campurkan beberapa tetesan minyak telon. Taruh ember tersebut tidak jauh dari posisi bayi agar bayi dapat menghirup uap panas.

3. Mengatur posisi tidur bayi
Untuk meringankan hidung tersumbat pada bayi, bisa juga dengan mengatur posisi tidur pada bayi tersebut. Jika hidung kiri bayi yang sedang bermasalah, maka bisa dengan memiringkan badan bayi ke samping kanan. Begitupun sebaliknya.

4. Memakai nasal aspirator/penyedot lendir
Fungsi utamanya yakni untuk menyedot lendir yang ada pada hidung bayi. Alat ini bisa didapatkan di apotik. Untuk cara penggunaanya pastikan terlebih dahulu ujung nasal aspirator bersih, lalu masukan secara perlahan pada hidung bayi yang tersubat (jangan terlampau dalam). Lalu pencet badan aspirator, kemudian lepaskan. lakukan seperti itu sampai lendir yang ada pada hidung berkurang.

Cara diatas cukup mudah bukan, jika ada hal yang perlu ditanyakan bisa dengan melampirkanya lewat komentar dibawah. Terima kasih

0 Response to "5 Cara mengatasi hidung mampet dengan mudah"

Posting Komentar