Cara format laptop dengan instalasi ulang Windows 7

cara format laptop
Terkadang kondisi memaksakan kita untuk memformat laptop. Dan, dalam kasus kali ini, kita akan belajar bagaimana cara format laptop di Windows 7, namun dengan system instalasi ulang Windows tersebut.

Penyebab harus memformat Operating System
Kita tidak mungkin memformat Windows tanpa adanya penyebab. Mungkin beberapa penyebab ini adalah alasan Anda ingin memformat ulang Windows 7 Anda dengan menginstall ulangnya.

Sarang virus
Terlalu banyak virus yang menyerang. Ini bisa jadi karena antivirus Anda tidak pernah update dan Anda sering download file sembarangan di internet.
Kerusakan system
Bila terdapat kerusakan system, maka Windows pun akan menjadi sangat lambat loadingnya. Dan tidak layak pakai. Oleh karena itu, solusi satu-satunya adalah memformat ulang.

Cara format laptop berbasis Windows 7
Pertama, Anda harus mempersiapkan semua yang perlu disediakan, yaitu driver laptop, CD atau DVD instalasi Windows 7 (Yang ori), CD software yang sekiranya diperlukan.

Berikut beberapa langkah untuk format yang harus Anda ikuti:
Booting
Pada langkah ini, Anda mensetting urutan dari booting di BIOS.

Restart komputer menggunakan master Windows
Pastikan DVD instalasi Windows 7 sudah ada pada DVD Rom Anda.

Memperbaiki sistem Windows
Setelah restart, Anda akan dihadapkan pada pilihan dari master Windows. Anda bisa mulai melakukan settingan instalasi ulang. Lakukanlah sesuai dengan petunjuk. Semisal laptop Anda diformat ulang karena terserang virus, maka pilihlah don't repair. Dan Anda boleh memilih repair, apabila memang terdapat kerusakan pada sistem Windows 7 yang Anda gunakan sebelumnya.

Memformat hard disk
Anda perlu memformat hard disk, supaya bersih dari virus yang bersarang di sana. Pada pertanyaan pilihan format, pilihlah NTFS quick format.

Instalasi ulang Windows 7 dari DVD
Langkah selanjutnya yaitu instalasi ulang Windows 7 dari DVD. Laptop akan memproses perintah Anda dan mengisi sistem operasi pada hard disk laptop Anda. Tunggu hingga Anda diminta restart laptop. Ikutilah petunjuk yang muncul pada monitor.

Menginstall lagi aplikasi
Setelah semua selesai, Anda akan bisa login pada halaman Windows 7 yang baru. Namun di sini masih fresh, dalam artian belum ada file maupun instalasi apapun. Anda bisa mulai menginstall aplikasi atau software yang Anda perlukan untuk bekerja di laptop Anda. Jangan lupa sekarang untuk menginstall software antivirus yang baik, supaya tidak terjadi kejadian yang sama di lain waktu.

Sekian informasi tentang cara format laptop dengan instalasi ulang Windows 7, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara format laptop dengan instalasi ulang Windows 7"

Posting Komentar