Macam-macam penyakit kulit dan penyebabnya

Macam-macam penyakit kulit - Kulit yang mulus dan sehat merupakan sebuah dambaan bagi semua orang, akan tetapi bagaimana kalau kulit yang sudah dirawat dengan sepenuh hati menjadi rusak karena terkena penyakit kulit. Ya mungkin sebagian dari kita menggangap penyakit kulit hanya sebuah penyakit sepele, tapi anggapan itu sangat salah besar jika dibandingkan dengan orang yang mengutamakan penampilanya.
macam-macam penyakit kulit

Kulit merupakan bagian tubuh paling luar dan pastinya menjadi yang pertama dipandang oleh orang lain, dan kulit yang rusak akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Untuk itu anda juga harus mengetahui macam-macam penyakit kulit dan penyebabnya agar jika anda mengalami masalah kulit bisa langsung menanganinya.

Macam-macam penyakit kulit

1. Panu - Mendengar nama ini mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita, seperti yang sudah pernah kita bahas disini bahwa Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sebagian besar orang pernah mengalaminya, walau tidak berbahaya seperti penyakit-penyakit lainya tetapi panu bisa dibilang cukup memalukan apalagi jika sampai terlihat oleh orang lain. Penyakit ini biasanya memiliki bentuk atau ciri khusus yakni adanya bercak putih tak beraturan yang terlihat pada kulit.

Penyebab terjadinya panu pada kulit yaitu karena adanya jamur dan bakteri pada kulit yang disebabkan oleh gaya hidup yang kotor seperti jarang mandi, berkeringat, kulit berminyak, dan lain sebagainya. Selain itu panu yang hinggap juga bisa ditularkan oleh orang lain lewat pakaian, handuk, atau sabun yang dipakai bersama.

2. Campak – penyakit campak merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa menular ke orang lain, dan penyakit ini tidak mengenal usiakarena campak bisa menyerang siapapun. Akan tetapi campak lebih sering menyerang anak-anak dibanding orang dewasa. Gejala atau ciri-ciri penyakit campak yang paling umum yaitu adalah demam diiringi dengan munculnya bintik-bintik merah pada permukaan kulit.

Penyebab penyakit campak yaitu disebebkan oleh virus yang bernama campak. Orang-orang khususnya anak-anak akan lebih mudah terkena campak jika kondisi tubuh mereka kekurangan asupan gizi, dan campak bisa menular kesiapapun melalui perantara udara.

3. Kudis – secara gampangnya kudis merupakan penyakit yang akan membuat gatal-gatal pada sekitar daerah kulit luar, kudis sendiri disebabkan oleh tungau Sarcoptes Scabiei yang membuat sarang dikulit. Biasanya kutu ini menyerang di daerah kulit yang kurang terjaga kebersihanya seperti bagian ketiak, pergelangan tangan, dan lain sebagainya. Gejala yang ditimbulkan penyakit kudis yaitu membuat gatal-gatal pada kulit dan akan terdapat bentol-bentol pada daerah kulit yang terkena kudis.

Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa penyakit kudis disebabkan oleh tungau Sarcoptes Scabiei yang membuat sarang dikulit, jika kutu ini hinggap dikulit kita maka akan membuat gatal-gatal. Kudis juga bisa ditularkan ke orang lain melalui handuk, pakaian, dan lain sebagainya yang bisa membuat kutu tersebut berpindah.

4. Bisul – bisul atau dalam bahasa latin disebut abscessus adalah suatu keadaan dimana adanya nanah dikarenakan terinfeksi sesuatu seperti bakteri, parasit, atau bisa juga disebabkan oleh bekas luka.

Penyebab bisul juga bisa disebabkan karena faktor seperti yang tadi sudah disebutkan yaitu bakteri, parasit, atau bekas luka.

5. Eksim – penyakit ini juga bisa disebut dengan eksema yaitu peradangan kulit yang nantinya akan membuat gatal-gatal hingga akhirnya disekitar daerah kulit mengalami benjolan-benjolan yang mengandung cairan. Biasanya gejala-gejala awal eksim yaitu kulit menjadi kemerah-merahan diiringi dengan rasa gatal berlebih, selain itu juga daerah kulit tersebut akan sedikit menebal dan bersisik.

6. Kurap – seperi kebanyakan jenis penyakit kulit lain, kurap juga akan membuat daerah kulit juga mengalami rasa gatal-gatal. Semakin kulit digaruk-garuk, maka semakin lebar pula penyebaran penyakit kurap ini, maka sebaiknya cukup diamkan atau tidak segera obati agar kurap tidak meluas kedaerah kulit lain.

Penyebab kurap bisa disebabkan beberapa faktor seperti kebersihan yang kurang, akan tetapi kurap juga bisa disebabkan karena menular dari orang lain melalui barang atau benda yang dipakai bersama seperti pakaian atau handuk.

jangan lupa baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan

Itu saja macam-macam penyakit kulit dan penyebabnya yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Macam-macam penyakit kulit dan penyebabnya"

Posting Komentar