Cara yang benar agar luka cepat sembuh dan kering

Sudah barang tentu jika semua orang pasti pernah mengalami luka ditubuhnya baik tidak disengaja atau malah disengaja. Biasanya anak kecil sering sekali mengalami luka karena terjatuh pada saat bermain.
agar luka cepat kering

Selain akan menggangu dalam beraktifitas, luka pada bagian tubuh yang terbuka seperti wajah juga akan menyebabkan berkurangnya kepercayaan diri. Cepatnya luka agar cepat kering juga sangat dipengaruhi dari seberapa parah luka tersebut dan cara kita mengobatinya.

Kebanyakan orang biasanya akan langsung mengoleskan atau memberikan obat merah pada bagian tubuh yang terdapat luka, itu dilakukan agar luka cepat kering. Tetapi selain dengan obat merah, ada beberapa cara lain yang juga dipercaya bisa mempercepat penyembuhan. Simak beberapa cara agar luka cepat sembuh dan kering dibawah ini.

1. Bersihkan dengan air bersih
Hal pertama yang harus dilakukan saat kita mendapat luka yakni membersihkan terlebih dahulu luka tersebut dengan air bersih. Ini bertujuan agar kotoran seperti tanah atau semacamnya yang terdapat pada luka bisa hilang.

2. Menggunakan Rivanol atau betadine
Tentunya selain kotoran, kuman yang ada pada luka pun harus dibersihkan. Beda dengan kotoran yang terlihat, kuman yang menempel pada luka bisa dibersihkan dengan menggunakan Rivanol atau betadine. Jika luka yang didapat masih tergolong ringan seperti Cuma bared-bared bisa dibersihkan dengan rivanol, jika luka tergolong agak parah bisa menggunakan betadine.

3. Hindari terkena air
Selain bikin perih, luka yang sering terkena air juga akan menghambat dalam proses pengeringan luka tersebut. Usahakan ditutup terlebih dahulu agar luka tidak terkena air saat mandi.

Bagaimana? Cukup mudah bukan. Selain diatas, cara lain agar luka cepat sembuh dan kering yakni dengan mengoleskan bubuk kopi, minyak tawon, madu, atau gula (pilih salah satu) hingga merata pada bagian luka.

0 Response to "Cara yang benar agar luka cepat sembuh dan kering"

Posting Komentar