Penyebab dan cara mengatasi mimisan yang benar

Penyebab dan cara mengatasi mimisan – yap sesuai judulnya, kali ini kami akan membahas mengenai mimisan. Mimisan atau epistaksis adalah suatu gejala dimana lepasnya mukosa dikarenakan beberapa sebab yang menyebabkan keluarnya darah dari lubang hidung.
penyebab dan cara mengatasi mimisan


Mimisan bisa dialami oleh semua orang baik anak-anak maupun yang sudah dewasa, akan tetapi biasanya mimisan lebih banyak terjadi pada anak-anak karena dibandingkan dengan orang dewasa, kekebalan tubuh anak masih rapuh.

Walaupun mimisan bukan termasuk sebagai kategori penyakit yang mematikan, akan tetapi jika tidak diatasi dengan benar mungkin akan berpotensi menyebabkan masalah yang cukup besar. Untuk itu sebaiknya anda harus tahu bagaimana cara mengatasi mimisan yang benar, tetapi sebelum itu saya akan menjabarkan dulu apa penyebab mimisan.

Penyebab mimisan

1. Membuang ingus dan mengorek hidung terlalu keras
Seperti yang sudah diketahui bahwa mimisan terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah. Oleh karena itu akan lebih baik jika saat ingin membuang ingus atau mengorek hidung lebih berhati-hati, jangan sampai terlalu keras.

2. Alergi
Alergi juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat pembuluh darah terbuka sehingga menyebabkan darah keluar dari hidung.

3. Cuaca ekstrim
Cuaca yang ekstrim bisa mengakibatkan kelembaban dalam hidung berkurang sehingga terjadinya iritasi yang akan membuat darah keluar.

4. Polusi udara
Selain cuaca ekstrim, Polusi udara yang kotor seperti banyaknya asap rokok, asap knalpot, dan lain sebagainya juga menjadisalah satu penyebab terjadinya iritasi yang membuat darah keluar.

5. Obat
Salah satu bahaya yang sering mengintai jika memberikan anak obat sembarangan adalah mimisan. Biasanya itu terjadi karena obat yang diberikan tidak sesuai dengan tubuh si anak. Akan lebih baik jika sebelum memberikan obat kepada anak, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Oke itu saja beberapa penyebab mimisan yang umum terjadi, selanjutnya kami akan membahas mengenai cara mengatasi mimisan yang benar.

  • Saat anda atau siapaun sedang mengalami mimisan, jangan sampai tidur telentang karena darah yang keluar dari hidung akan menyebabkan masuk kedalam dan bisa memicu darah semakin banyak keluar. Saat terjadi mimisan lebih baik tenang dan duduklah tegap seperti biasa dengan badan agak condong kedepan.
  • Coba untuk menekan cuping hidung beberapa menit, itu bertujuan agar aliran darah menggumpal dan mengurangi keluarnya darah.
  • Sumpal hidung dengan beberapa daun sirih yang sudah dicuci bersih sampai beberapa menit.
  • Selain ketiga cara diatas, cara yang terakhir jika mimisan belum berhenti juga yakni dengan menggunakan kompres dingin yang diletakan diatas hidung. Tujuanya adalah agar pembuluh darah yang terbuka kembali mengecil dan mimisan-pun terhenti.
    mengatasi mimisan

Jika cara diatas tidak kunjung juga memberikan hasil maksimal, maka langkah terakhir yaitu langsung periksa ke dokter agar penyebab dan cara mengatasinya bisa langsung diketahui. baca juga penyebab dan cara mengatasi asma

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi mimisan yang benar, jika bermanfaat silahkan di share.  

0 Response to "Penyebab dan cara mengatasi mimisan yang benar"

Posting Komentar