Cara mencegah dan menyembuhkan amandel secara efektif

cara mencegah dan menyembuhkan amandel
Amandel memiliki nama lain tonsil. Sebelum membahas lebih mendalam tentang cara mencegah dan menyembuhkan amandel, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu dengan istilah tonsil atau amandel ini.

Sekilas tentang amandel

Amandel adalah kumpulan dari jaringan limfoid pada kerongkongan yang ada di bagian belakang kedua ujung dari lipatan belakang mulut. Sebenarnya amandel mempunyai fungsi mencegah supaya infeksi tak menyebar ke seluruh tubuh manusia, yaitu dengan menahan kuman yang masuk melalui hidung, mulut dan juga kerongkongan. Oleh karena fungsinya itulah, maka amandel atau tonsil sangat sering mengalami peradangan. Gangguan pada tonsil atau amandel ini dikenal dengan nama tonsilitis, dan penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan).

Cara mencegah amandel

Jika tidak ingin amandel Anda terserang gangguan yang menyebabkan penyakit radang amandel parah, Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

1. Berkumur dengan menggunakan air garam sebanyak 3 hingga 4 kali per hari.
2. Cukup istirahat.
3. Jangan membiasakan diri minum minuman yang menggunakan es, es krim, es sirop, dan aneka minuman dingin lainnya.
4. Hindari konsumsi makanan gorengan, makanan yang menggunakan pengawet, dan hindari juga aneka manisan.
5. Gunakan kompres hangat pada daerah leher setiap harinya.

Cara menyembuhkan amandel

Konsumsi makanan - Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan ini untuk mempercepat proses penyembuhan amandel. Tentunya, ini merupakan cara alami, sehingga terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kesembuhan radang amandel atau tonsilitis secara total. Berikut beberapa makanannya:

Bayam
Sayur bayam dapat menyembuhkan infeksi tenggorokan, selain itu rasanya juga enak.
Bubur
Bubur dapat menjadi solusi, karena pada saat mengalami radang amandel, tenggorokan Anda akan sulit untuk menelan makanan karena sakit. Anda bisa menambahkan beberapa campuran rempah, contohnya cengkeh, agar tonsilitis semakin cepat sembuh.
Jahe
Makanan ketiga yang cocok untuk Anda makan yaitu jahe. Jahe dapat dengan efektif mengobati tonsilitis juga variasi infeksi tenggorokan lain. Anda bisa menambahkan madu beberapa tetes saja. Selain membantu menyembuhkan radang amandel, jahe juga berfungsi untuk mengobati penyakit batuk yang kering.

Amandel kronis

Namun terkadang penyakit radang amandel dapat menjadi kronis, dan jika ini sudah terjadi Anda tidak bisa menggunakan pengobatan tradisional lagi. Kami sarankan Anda untuk pergi berkonsultasi ke dokter THT, menanyakan apakah tindakan selanjutnya yang paling tepat. Beberapa mungkin memerlukan tindakan operasi atau pembedahan, dengan tujuan mengeluarkan tonsil. Sebab beberapa amandel kronis dapat mengganggu proses pernafasan, dan jika dibiarkan tubuh dapat kekurangan oksigen, yang akan memicu aneka efek negatif lainnya pada tubuh.

Sekian informasi mengenai cara mencegah dan menyembuhkan amandel yang efektif, semoga cepat sembuh.

0 Response to "Cara mencegah dan menyembuhkan amandel secara efektif"

Posting Komentar