Mengatasi perut kembung secara alami

Mengatasi perut kembung
Perut kembung memang tidak enak, keseharian Anda akan menjadi tidak nyaman. Bahkan untuk tidur pun Anda tidak akan merasa nyaman. Perut kembung juga dapat menjadi gejala karena konsumsi makanan salah yang sulit dicerna tubuh Anda. Pertama, kita akan membahas makanan apa saja yang dapat mengakibatkan perut kembung. Jadi, Anda bisa lebih berhati-hati.

Makanan penyebab terjadinya perut kembung

Soft drink
Hati-hati, jangan terlalu sering minum soft drink, karena minuman ini bisa memicu Anda terkena gangguan perut kembung. Soft drink terdapat kandungan asam yang sangat tinggi. Zat asam ini bisa mengiritasi lambung dan kerongkongan. Apalagi jika Anda konsumsi soft drink pada saat perut sedang kosong.

Permen karet
Yang kedua yaitu permen karet. Mungkin Anda baru mendengarnya bukan? Anda mungkin tidak pernah mendengar jika permen karet ternyata dapat mengakibatkan gangguan perut kembung. Permen karet bisa mengganggu jika dikonsumsi secara berlebihan, karena kandungan alkoholnya setiap kali Anda mengunyah permen tersebut, selain itu kandungan gulanya yang tinggi pun dapat mengganggu performa dari usus manusia untuk mencerna makanan. Kesimpulannya permen karet hanya enak untuk latihan gusi dan mulut saja, namun tidak baik bagi sistem pencernaan Anda.

Tips mengobati perut kembung secara alami

Makan makanan berserat
Yang pertama yaitu Anda perbanyak makanan berserat, untuk membantu kemudahan proses pencernaan Anda. Contohnya jamur, jeruk, kubis, brokoli, dan raspberry.

Minum yang cukup
Yang kedua Anda juga perlu minum yang cukup, namun janganlah minum soft drink melainkan minum air putih saja. Air putih tak akan merusak keseimbangan dari kadar potassium dan sodium di dalam tubuh Anda.

Makan makanan yang tinggi kandungan potassium
Tips berikutnya yaitu Anda harus makan makanan yang mengandung kandungan potassium tinggi. Potassium bisa membantu dalam menyingkirkan kelebihan air di tubuh. Anda dapat makan makanan seperti buah pisang, selain kaya potassium, Anda juga bisa membantu dalam mengecilkan ukuran dari pinggang. Tentunya, harus diiringi dengan olahraga juga.

Jangan makan makanan sulit dicerna
Khusus bagi wanita, sebaiknya tidak makan atau minum asupan sulit dicerna. Biasanya yang termasuk ke dalam makanan repot untuk dicerna adalah makanan yang mengandung kadar gula dan lemak tinggi. Makanan yang mengandung kedua hal ini dapat mengakibatkan kembung pada Anda. Anda disarankan memilih makanan yang gampang dicerna, contohnya sayuran kukus dan makanan non olahan atau bukan pabrikan.

Berhenti merokok
Untuk menghilangkan kembung pada perut, Anda juga bisa berhenti dari aktivitas merokok. Sebab merokok dapat mengakibatkan perut kelebihan udara, dan juga pada hal kecil lainnya seperti minum menggunakan sedotan.

Sekian informasi kesehatan mengenai cara mengatasi perut kembung secara alami, semoga lekas sembuh.

0 Response to "Mengatasi perut kembung secara alami"

Posting Komentar