Sejarah, Pengertian serta Fungsi OSI 7 Layer



OSI 7 Layer
Kata-kata 7 OSI Layer ini mungkin terasa awam di sebagian besar orang. Sebelum membahas mengenai pengertian7 OSI layer, mungkin anda perlu mengetahui tentang sejarah dari 7 OSI layer serta fungsinya.


1. Sejarah model OSI 7 Layer

Jauh sebelum kita mengenal komputer, khususnya di Indonesia, Pada era tahun 70 an para staf ahli di berbagai Perusahaan software seperti Digital dan IBM serta perusahaan besar lainnya telah mengembangkan sebuah arsitektural jaringan yang berupa model. Lantas, hal tersebut tidak berjalan dengan baik karena perbedaan protokol dan format data yang dibuat masing-masing perusahaan/ pengembang. Sehingga pada era tahun 80 an ISO (International Organization for Standardization) menyelesaikan masalah tersebut dengan menciptakan model arsitektural jaringan yang bernama OSI.


2. Pengertian OSI 7 Layer

OSI singkatan dari (Open System Inter Connection). Tujuan diciptakannya OSI adalah dengan menjembatani proses komunikasi data melalui kerangka logika yang terstruktur. Dengan begitu para desainer jaringan dapat memahami metode, jenis protokol maupun tiap layernya.
Pengertian bagi kita orang awam tentang dunia jaringan, yakni program dibuat untuk dunia komputersehingga dapat saling terhubung pada jaringan dengan cepat dan efisien.


3. Fungsi OSI 7 Layer

Bisa ditebak dengan namanya, OSI mempunyai 7 layer yang dibagi antara Upper layer (layer bagian atas) diantaranya yakni,

1. Physical Layer (Lapisan fisik)
Fungsi dari lapisan layer yang paling bawah ini adalah tempat penulisan data yang ingin diproses saat pertama kali serta dapat mengartikan media transmisi jaringan, sinkronisasi bit, transmisi maupun arsitektur jaringan.

2. Data link Layer Lapisan Koneksi Data
Bit-bit data yang berkelompok sehingga disebut dengan frame diatur oleh bagian ini. Lebih hebatnya lagi pada layer ini, juga dilakukan koreksi kesalahan data.

3. Network Layer / Lapisan Jaringan
Alamat IP / perjalanan serta rute data yang sampai ke tujuan. Proses data ini bisa disebut paket.

4.Transport layer / Lapisan Pemindah
Mengurutkan paket-paket data serhingga data dapat disusun lagi.

5.Session Layer / Lapisan sesi
Terjadi beberapa proses seperti menetapkan, mengatur serta menghentikan pengiriman data.

6. Presentation Layer / Lapisan Presentasi
Data yang ada di Application layer, sebelumnya dicek dan diformat oleh bagian lapisan ini.

7. Application Layer / Lapisan aplikasi
Lapisan ini bisa disebut sebagai antar muka dengan pengguna yang tempatnya paling atas ini sebagai tempat pertukaran informasi antar komputer. Presentation layer berkerja pada lapisan terakhir ini.

Bagi anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang networking / jaringan komputer, anda harus mengerti tentang Sejarah, Pengertian serta fungsi OSI 7 layer ini.

0 Response to "Sejarah, Pengertian serta Fungsi OSI 7 Layer"

Posting Komentar