Resep cara membuat bolu kukus mekar enak

bolu kukus mekar
Mungkin Anda sering melihat jajanan pasar enak ini di toko kue atau pasar tradisional. Ya bolu kukus mekar seringkali hadir di pajangan jajanan pasar tersebut, bahkan bisa dibilang selalu ada. Bentuknya, warnanya, yang menarik serta rasanya yang menggugah selera menjadikan kue ini sebagai kue idaman setiap orang. Jika Anda sering makan kue ini dan ingin berhemat, maka tidak ada salahnya Anda belajar mencoba sendiri dengan membaca resep cara membuat bolu kukus mekar yang enak ini.

Tentu saja, sebelum eksperimen mencoba membuat sendiri bolu kukus mekar, Anda harus mempersiapkan perlengkapan untuk membuat kue. Dan tidak hanya itu, Anda juga perlu mempersiapkan bahan yang diperlukan dalam membuat kue ini hingga akhirnya sukses. Berikut merupakan beberapa bahan yang Anda perlukan dalam proses membuat bolu kukus mekar yang gurih dan lezat.

Bahan-bahan bolu kukus mekar:
• 200 gr gula pasir
• 2 btr telur
• 2 sdt emulsifier (tbm/sp)
• ½ sdt baking powder
• 275 gr tepung terigu dengan protein sedang
• ½ sdt esens vanili
• 225 mililiter minuman bersoda yang tawar (bisa gunakan Fanta soda)
• 4 tetes pewarna hijau dan merah muda (masing-masing 2 tetes)

Cara membuat bolu kukus mekar:
Pertama, Anda kocoklah telur yang sudah dipersiapkan, campur dengan emulsifier, dan juga gula pasir, lalu kocok sampai terasa kaku, kurang lebih dikocok dengan waktu 10 menitan.
Berikutnya masukkan baking powder dan juga tepung terigu, caranya ayak bergantian kombinasi dengan minuman bersoda rasa tawar, sembari tetap dikocok dengan perlahan. Lalu Anda bisa masukkan esens vanila kemudian aduk lagi sampai benar-benar rata.
Ambillah 50 gr adonan, masukkan pewarna merah muda. Lalu aduk sampai rata lagi, selanjutnya ambillah 50 gr adonan, masukkan pewarna hijau muda. Kemudian aduklah sampai merata. Dan untuk adonan sisanya dibiarkan saja memiliki warna putih (warna awalnya).
Sendok adonan putih dalam cetakan bolu kukus, lapisi terlebih dahulu dengan kertas roti. Selanjutnya, campur dengan adonan hijau muda dan adonan merah muda pada bagian atasnya.
Terakhir, kukus adonan tersebut kurang lebih 10 menit. Gunakanlah api besar, tunggu hingga matang dan tercium aroma sedap. Itu tanda kue bolu kukus mekar Anda sudah sukses dibuat.

Sekian informasi mengenai cara membuat bolu kukus mekar, selamat mencoba.

0 Response to "Resep cara membuat bolu kukus mekar enak"

Posting Komentar